Kamis, 15 Desember 2011

Soal Jaringan Komputer 2

1. Sebutkan 4 Layer Pada TCP/IP!
2. Apakah yang dimaksud dengan paket switching?
3. Sebutkan tujuan dari layer internet!
4. Sebutkan persamaan dan perbedaan antara Model OSI dengan Model TCP/IP!
5. Apakah yang anda ketahui tentang NIC?
6. Sebutkan 3 hal yang harus diperhatikan ketika memilih Network Card!
7. Sebutkan yang anda ketahui tentang MAC Address!
8. Sebutkan yang anda ketahui tentang HUB, Switch, dan Router!
9. Sebutkan yang anda ketahui tentang Physical Topology dan jenis-jenisnya!
10. Sebutkan yang anda ketahui tentang Logical Topology dan jenis-jenisnya!

Jawab
1. a. Layer Aplikasi
b. Layer Transport
c. Internet Layer
d. Layer Network Access

2. Proses dimana segment layer berjalan bolak-balik diantara kedua host untuk mengetahui apakah ada terdapat koneksi secara logika untuk beberapa waktu.

3. Tujuan dari layer internet adalah untuk mengirimkan packet dari sumber menuju jaringan manapun pada internetwork dan menibakannya di tujuan dengan tidak tergantung pada path dan jaringan yang merka ambil untuk sampai di sana.

4. Persamaan :
- terdiri dari layer-layer
- memiliki layer application meskipun keduanya memiliki layanan yang berbeda
- memiliki layer transport dan layer network yang hampir mirip
- menggunakan teknologi packet-switched
- profesional jaringan harus mengetahui keduanya

Perbedaan :
- TCP/IP memasukkan layer presentation dan session menjadi satu dengan layer application
- TCP/IP memasukkan layer data link dan physical menjadi satu layer Network Access.
- TCP/IP tampak lebih sederhana karena memiliki lebih sedikit layer.
- Protocol TCP/IP adalah standard dimana internet dikembangkan. jadi TCP/IP mendapat kredibilitas hanya karena protokolnya. Sebaliknya, jaringan tidak dibuat berdasarkan protokol OSI, meskipun OSI digunakan sebagai panduan.

5. NIC ( Network Interface Card ) adalah PCP ( Printed Circuit Board ) yang menyediakan kemampuan komunikasi jaringan dari dan ke PC, disebut juga sebagai LAN Adapter.

6. a. Tipe Network ( Etherned, Tooken Ring, FDDI)
b. Tipe Media ( Twisted pair, coaxialm or fiber-optic )
c. Tipe sistem bus ( PCI/ISA )

7. Media Access Control ( MAC ) merupakan pengalamatan yang terdapat pada peralatan secara fisik yang langsung diberikan pada saat peralatan tersebut dibuat dan tidak dapat diubah.

8. HUB : Merupakan peralatan yang dapat menghubungkan beberapa komputer menjadi satu jaringan. Biasanya dikelompokkan berdasarkan jumlah port yang dimiliki.

Switch : Sekilas switch sangat mirip dengan hub, tetapi keduanya berbeda. pada switch paket diteruskan berdasarkan MAC address yang disimpan dalam table MAC address yang dimiliki switch.

Router : Merupakan peralatan jaringan yang beroperaso pada layer OSI 3 ( Network layer ). Beberapa router bergabung, menghubungkan beberapa segment jaringan atau bahkan seluruh jaringan. Router mengirimkan data berdasarkan informasi pada layer 3.

9. Physical Topology merupakan kondisi dimana sebenarnya jaringan dihubungkan secara langsung.
- Bus Topology : menggunakan "single backbone segment" sebagai penghubung semua komputer yang ada pada jaringan. Semua komputer terhubung secara langsung ke kabel tersebut.
- Ring Topology : menghubungkan satu komputer dengan komputer berikut, dan seterusnya sehingga komputer paling akhir akan terhubung ke komputer yang pertama.
- Star Topolgy : menghubungkan semua kabel ke satu buah titik pusat. Titik pusat ini biasanya berupa hub atau switch sehingga seolah-olah komputer yang terhubung berbentuk seperti bintang.
- Extended Star Topology : menggabungkan beberapa topologi star menjadi satu.
- Hierarchical Topology : dibuat mirip dengan topologi extended star tetapi system jaringan yang dihubungkan dapat mengontrol arus data pada topologi.

10. Logical Topology didefinisikan sebagai suatu cara bagaimana media jaringan dapat diakses oleh komputer.
- Topologi Broadcast : berarti setiap host dapat mengirim paket dan akan mengirimkan paket ke semua host pada media komunikasi jaringan. tidak ada aturan rumit siapa yang akan menggunakan jaringan berikutnya.
- Token-passing mengendalikan akses pada jaringan dengan mempass-kan sebuah token elektronik yang secara sekuensial akan melakukan masing-masing anggota dari jaringan tersebut. Ketika sebuah komputer mendapatkan token tersebut berarti komputer tersebut diperbolehkan mengirimkan data pada jaringan. Jika komputer tersebut tidak memiliki data yang akan dikirim, makan token akan dilewatkan kekomputer berikutnya, Kejadian akan berulang-ulang terus.

Tidak ada komentar: